Biji Kurma dan Banyak Kegunaannya

Rasanya yang lezat dan nilai gizi kurma yang luar biasa telah lama memenangi hati dan selera kita. Dengan beberapa kurma yang rasanya begitu dominan dan lezat, seperti Ajwa Munawara, Safawy, Madina, Mabroum dan - favorit terbaru kami - Khoudry, tidak terbantahkan lagi bahwa kurma si makanan super adalah makanan lezat yang cocok di setiap kesempatan dan untuk segala kelompok umur.

Di tengah tren, salah satu bagian dari kurma yang luput dari perhatian, namun dengan cepat mendapatkan banyak perhatian adalah benih kurma. Benih kurma memiliki lapisan yang keras, biasanya berbentuk lonjong, beralur bagian tengah, dengan embrio yang kecil.

Setelah bagian daging Kurma di konsumsi, benih atau biji kurma dianggap sebagai produk sampingan dari produksi kurma potong atau pembuatan pasta kurma, yang sebagian besar diproduksi di Timur Tengah dan Uni Emirat Arab

Umumnya, semua itu digunakan sebagai pakan ternak, unggas dan pupuk tanah, sampai sekelompok ilmuwan makanan memutuskan untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan penggunaannya yang lebih luas.

Berikut adalah beberapa hal penting dari beberapa kegunaan populer dari biji buah kurma.

Kopi Biji Kurma

Minuman bebas kafein dapat disiapkan dari biji kurma panggang, yang kemudian dijadikan bubuk dan dapat menjadi alternatif kopi. Lapisan tipis kulit putih kurma harus dibuang dari biji sebelum dipanggang karena bisa membuat minumanberbuih.

Kopi biji kurma semakin populer karena rasanya yang unik dan diakui sebagai salah satu alternatif terbaik untuk kopi berkafein normal.

Biji kurma membantu mengurangi tekanan darah, secara tradisional juga menurunkan suhu tubuh dan digunakan sebagai makanan obat untuk asma bronkial, batuk, batu ginjal dan ingatan yang lemah karena asam aminonya yang tinggi.

Minyak Biji Kurma

Biji kurma dapat berfungsi sebagai sumber minyak nabati. Biji kurma dapat juga digunakan sebagai bahan makanan fungsional karena merupakan sumber serat makanan, senyawa fenolik dan antioksidan yang baik.

Minyak biji kurma memiliki warna kuning yang sangat kuat karena kandungan tinggi pigmen Carotenoid.

Penggunaan minyak biji kurma disarankan untuk keperluan nutrisi, sebagai minyak goreng dan juga produksi margarin karena stabilitasnya yang tinggi dan ketahanannya terhadap perlakuan panas (thermal treatment). Minyak kurma juga digunakan untuk rambut dan/atau bagian dari produk rambut.

Bubuk Biji Kurma

Bubuk biji kurma dibuat dari biji kurma segar dan dipanggang. Biji kurma segar disiapkan dengan menggiling biji kurma segar menjadi bubuk halus dan kasar. Serbuk biji halus mengandung kandungan serat makanan tinggi jika dibandingkan dengan kurma segar dan bubuk biji kurma kering. Serat biji kurma yang digiling halus mengandung 71% dari total serat makanan dan, ketika digiling kasar, mengandung 80% dari total serat makanan.

Berbagai penelitian telah dilakukan dan telah ditemukan bahwa, bentuk tepung setengah jadi mengandung nilai protein setara tepung terigu, yang berarti dapat digunakan untuk berbagai persiapan makanan seperti kue, roti, kue kering dan lain-lain.
Tepung protein tinggi (gandum keras) memiliki kandungan protein total 12-13%, sedangkan kandungan protein dalam tepung biji kurma adalah 26,54%. Ini membuktikan bahwa tepung biji kurma dapat menjadi pengganti makanan pengganti tepung terigu.

Jelas sekali, biji kurma, yang awalnya dianggap sebagai produk sampingan yang kurang bermanfaat, sekarang menarik minat banyak orang karena manfaatnya yang terbukti secara klinis dengan susunan nutrisi yang baik.

Upaya ini tidak berhenti pada daur ulang dan penggunaan ulang, saat ini, dengan praktik konsumen yang semakin sadar dan tanpa limbah, kita mulai melihat biji-biji kurma yang keras ini bergerak melampaui industri makanan menjadi kosmetik dan bahkan sebagai aksesoris mode.

Kosmetik biji kurma seperti celak (eyeliner), produk pengelupasan (scrub), masker wajah dan perona mata (eye shadow) sudah dapat ditemukan di pasar terutama di Timur Tengah dan sebagian besar dijalankan oleh pengusaha wanita.

Seperti pepatah, limbah satu orang adalah harta orang lain. Dengan beberapa inovasi kreatif yang ada, biji-biji kering ini sekarang sedang dibuat menjadi aksesori yang terlihat cantik dan kreatif seperti kalung, anting-anting, gelang yang akan segera menciptakan industri tren yang benar-benar baru.

Image: Etsy online

Source:
https://www.healthbenefitstimes.com/date-seed/
https://fmtmagazine.in/date-seed-dont-waste-just-taste/
https://iranguidance.com/iranian-date-seed/
https://www.researchgate.net/publication/303741106_Study_on_Roasted_Date_Seed_Non_Caffeinated_Coffee_Powder_as_a_Promising_Alternative
http://www.ifrj.upm.edu.my/24%20(04)%202017/(8).pdf
https://www.feedipedia.org/node/687
https://financialtribune.com/articles/economy-business-and-markets/19460/investment-opportunities-in-date-seed-oil-extraction
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/128/1/012031/pdf