Ide Kekinian Sahur dengan Kurma

Ramadhan adalah bulan yang mengasyikkan bagi umat Islam di seluruh dunia. Tidak hanya sekedar untuk menjalankan puasa dengan harapan mendapatkan pahala lebih dari Allah SWT, tetapi juga saat untuk berkreasi lebih untuk menghasilkan menu makanan yang dapat mempertahankan energi dan suasana hati sepanjang hari sambil berpuasa.

Salah satu Sunnah saat berpuasa Ramadhan yaitu mengawali puasa dengan sahur sebagaimana dicatat oleh Imam al-Bukhari sebagaimana diriwayatkan oleh Anas ibnu Malik bahwa Nabi Muhammad yang berkata bahwa, umat Islam bersahurlah sebagai layaknya ia sebuah berkah. Jadi, di sini di All Kurma, kami ingin kalian memetik hasil yang lebih optimum dengan ber suhur selama Ramadhan dengan pilihan yang paling lezat dan bergizi.

Disini kita akan membahas bersama beberapa ide menu sahur yang mungkin bisa kalian coba di bulan Ramadhan kali ini, jangan ragu-ragu untuk mencobanya ya Sobat Kurma, pastinya ide kami ini sesuatu yang sehat dan sangat baik untuk mempertahankan energi dan mood kalian berpuasa sepanjang hari.

Oat Em Gee!

Beberapa tahun terakhir ini, lagi ngetrend deh ide-ide menu sehat kekinian dengan paduan bijirin oat, dan salah satu nya ialah overnight oats (gandum yang direndam semalaman baik dengan susu atau yoghurt) bagi yang suka menu sarapan manis dan juga praktis untuk dibawa-bawa dan dinikmati.

Begitu banyak resep untuk overnight oats, tetapi selama kita menggunakan bahan dasar - oat/gandum, susu, yoghurt biasa, ekstrak vanili, dan biji chia; maka sisanya mudah. Jadi, variasi kan dengan tambahan buah2 lain seperti kurma, kismis, blueberry segar, irisan pisang dan stroberi potong dadu, bahkan susu almond, susu stroberi dsb, dan voila! Jadi lah menu favorit oat overnight ala-ala kita.

Smoothies O Smoothies!

Banyak di antara kita yang hidup, makan dan tidur harus pake kopi. Tahukah Kalian bahwa saat puasa, lebih baik mengurangi asupan kafein untuk menghindari dehidrasi? Jadi, kami sarankan Kalian memilih minuman yang lebih segar untuk memulai makan sahur, dan dibarengi dengan memperbanyak minum air putih.

Tumbuk beberapa kurma, sebaiknya Medjool or Deglet Nour yang rasanya lebih harum dan manis. Selain susu dan yoghurt, jangan lupa untuk menambahkan beberapa buah favorit Kalian ke dalam smoothie mixer. Atau jika Kalian adalah tipe pemalas seperti kami, kami memilih Sirup Kurma untuk menghemat waktu!

Kurma, manis dan kenyal rasanya akan tambah enak jika di campur untuk smoothie dengan buah-buahan manis lainnya seperti stroberi potong dadu, mangga dan pisang irisan. Apalagi kalua setelah semuanya tercampur, taburkan beberapa keping cokelat atau ceres! Makin lezat deh menu sahur kita yang pastiny akan membuat mood kita tambah baik dan bersemangat selama seharian berpuasa.

Rice Rice Baby

Sekarang, jika Kalian adalah tipe yang gemar masak ala-ala master chef. Pilihan terbaik yang komplit adalah mencoba nasi briyani untuk sahur, dan dengan menambahkan kismis, kurma dan sedikit kacang mede dan bahan-bahan lainnya, briyani anda akan terasa jauh lebih gurih dan berisi.

Buat kita-kita yang HARUS sahur pake nasi dengan lauk dan sebagainya. Untuk menghemat waktu cobalah berkreasi dengan nasi briyani satu pot yang lezat dan praktis. Cukup dengan memasak nasi briyani bersama dengan pilihan telur, ayam atau daging sapi iris, semuanya dapat di masak sekaligus dan sajikan dengan beberapa acar buah atau sayuran.

Tapi perlu di ingat, bagi pecinta makanan pedas, jangan lupa perbanyak minum air putih agar kalian tidak mengalami dehidrasi di siang hari.

Pic: Snukfoods Idea

KISS - Keep it Simple for Suhur

Salah satu jenis makanan terbaik untuk 'sahur' adalah yang mengandung banyak protein. Dibandingkan dengan karbohidrat yang dapat Kalian temukan dalam beras, quinoa yang kaya protein adalah pengganti terbaik beras.

Quinoa juga relatif lebih cepat dan lebih mudah dimasak. Untuk satu cangkir quinoa, tambahkan dua gelas air dan didihkan. Perlu waktu sekitar 15 menit sebelum siap untuk dikonsumsi. Kalian dapat menikmatinya dengan salad atau roti panggang atau dengan alpukat, tomat ceri, edamame, apa pun yang sesuai dengan selera Kalian. Bagi yang ingin sedikit daging, ayam panggang juga ok!

Stud Muffin

Bagi yang lebih suka bersahur dengan makanan yang ringan namun yang dapat membekal enerji sepanjang hari, Ramadhan juga merupakan bulan yang tepat untuk detoksifikasi dan menurunkan berat badan. Jadi, dibandingkan kita menyediakan menu yang berat seperti nasi, coba deh menyajikan sahur dengan kombinasi minuman dengan berbagai macam kue, roti atau muffin?

Muffin dan roti atau pun kue misalnya, bias di sediakan malam sebelumnya. Dan agar lebih "berisi", bias kita masukkan beberapa campuran bahan super lainnya seperti kismis, biji chia, kurma dan kacang-kacangan. Coba juga tambahan seperti wortel parut untuk menambahkan sedikit serat dalam asupan harian anda.

Jadi, Sobat Kurma, jangan lupa alarm kalian dan bangun pagi-pagi untuk menikmati menu 'sahur' pilihan Kalian. Selamat bersahur!

Yaps, Happy Sahur Sobat Kurma. Jangan lupa, Eat Fresh and Stay Well, only from All Kurma.

References:
https://en.wikipedia.org/wiki/Suhur
https://www.fruitsandveggiesmorematters.org/top-10-ways-to-enjoy-dates
https://www.buzzfeed.com/emofly/foods-to-eat-at-suhoor-that-release-energy-throughout-the
https://www.pinterest.com/chefxc/ramadan-iftar-suhoor-menu-ideas/