Diet & Olahraga Selama Ramadan

Bulan Ramadan telah tiba, dan ini waktu yang tepat bagi kita untuk tidak sekadar memperhatikan kesehatan spiritual, tetapi juga kesehatan fisik.

Berpuasa adalah sesuatu yang wajib bagi semua orang dewasa dan remaja Muslim yang sehat, Nah pada waktu ini lah kita harus melihatnya sebagai waktu untuk menjauhkan diri dari kebiasaan makan yang buruk.

Saat berpuasa, tubuh kita menggunakan simpanan karbohidratnya untuk memberi kita energi, jadi makanan sahur dan buka puasa kita harus terdiri dari banyak makanan kaya nutrisi dan cairan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat.

Grain (biji padi-padian) serta seed (biji bunga) dan buah-buahan merupakan asupan terbaik untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama, dan membuat kita mampu berpuasa sepanjang bulan puasa.

Fokuslah pada makanan super seperti kurma, serealia utuh (whole grain), legum, buah-buahan kering dan kacang-kacangan. Makanan-makanan ini dikenal penuh nutrisi untuk membantu Anda tetap berenergi sepanjang hari.

Diet yang Tepat

Meskipun kita kerap tergoda untuk makan berlebihan selama Sahur dan Berbuka Puasa, coba untuk menghindarinya, juga hindari makanan yang digoreng, serta makanan dengan lemak tinggi dan yang mengandung gula rafinasi. Meskipun Anda mungkin merasa perlu mengompensasi karena nyaris tidak makan sepanjang hari, sistem pencernaan Anda akan mengalami kesulitan memproses makanan dalam jumlah besar.

Selama Sahur, Anda hendaknya mengonsumsi lebih banyak cairan untuk membantu agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Selain jus buah atau smoothie, Anda juga bisa menyajikan sirop kurma dan air Nabeez, yang dibuat dengan merendam kurma kering semalaman di dalam wadah tertutup berisi air minum. Air rendaman kurma kaya akan kalium, yang membantu mencegah kelelahan, dan memiliki kandungan serat yang tinggi untuk membantu pencernaan.

Makanan serealia utuh seperti oat dengan kurma kering, irisan kacang atau buah, adalah cara yang baik untuk mengisi perut Anda dengan banyak serat dan karbohidrat baik yang dapat memberi Anda energi sampai saatnya berbuka puasa. Sereal dengan buah-buahan kering dan kacang-kacangan kering adalah contoh yang baik dari makanan bergizi yang dapat mengenyangkan Anda selama berjam-jam.

Makanan berbuka puasa adalah saat kita dapat mengisi kembali energi yang hilang di siang hari, dan fokusnya harus pada makanan yang mudah dicerna dan mengandung keseimbangan yang tepat dari kebutuhan nutrisi harian. Makanan utama berbuka puasa adalah kurma yang serbaguna, baik dimakan apa adanya, dicincang dan ditaburkan di atas hidangan, atau dimakan bersama dengan kacang-kacangan dan buah-buahan lain sebagai camilan kaya serat.

Kacang-kacangan seperti Almon, Pistachio dan Kacang Mete termasuk yang tertinggi dalam vitamin dan mineral seperti Omega-3, Vitamin E, L-arginin, Protein dan lemak tak jenuh, yang bermanfaat untuk menjaga tubuh Anda tetap tercukupi asupannya selama bulan puasa.

Manfaat Berolahraga

Berolahraga masih dimungkinkan selama bulan Ramadhan, dan bahkan dianjurkan untuk membantu menjaga berat badan dan tingkat kebugaran kita saat berpuasa. Rutinitas kebugaran yang teratur akan memastikan aliran darah yang stabil, yang akan membantu sistem pencernaan Anda.

Tidak ada aturan yang pasti tentang waktu yang 'tepat' untuk berolahraga. Beberapa lebih suka berolahraga sebelum sahur untuk memberi diri mereka dorongan energi, sementara ada yang lebih suka berolahraga setelah sahur. Beberapa bahkan lebih suka melakukan berolahraga ringan satu jam sebelum berbuka puasa.

Berolah raga ringan atau yang sedang adalah yang terbaik selama masa puasa ini, jadi lakukanlah jalan cepat, jogging ringan dan bersepeda, atau bahkan latihan beban dengan beban ringan. Hindari latihan yang dapat membuat detak jantung Anda di atas 150 denyut per menit, seperti latihan HIIT (latihan interval berintensitas tinggi) atau mengangkat beban yang terlalu berat.

Jika Anda tipe yang tidak bisa melewati hari tanpa latihan ringan, siapkan tubuh Anda dengan energi ekstra untuk mengisi energi tambahan sepanjang hari, di sinilah mengonsumsi kurma menjadi sangat penting selama Sahur.

Kurma mengandung Karbohidrat, Protein, dan Kalium yang tinggi, sumber energi utama. Juga rasa manis dalam kurma adalah Glikemik Rendah, artinya akan dilepaskan dan dibakar perlahan sepanjang hari untuk memastikan tubuh Anda memiliki energi yang cukup untuk bertahan sepanjang hari.

Pengingat Ramadhan

Sementara beberapa hari pertama puasa mungkin yang paling sulit, asupan nutrisi yang seimbang yang tepat membantu tubuh kita pulih lebih cepat, dan tetap berenergi sepanjang bulan Ramadan. Bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa berpuasa memiliki efek jangka pendek yang positif bagi sistem kekebalan tubuh kita.

Dengan memilih jenis makanan yang tepat, kita dapat memastikan tubuh kita selalu berenergi dan dapat tetap sehat dan mempertahankan diet berkualitas tinggi bahkan ketika kita sedang berpuasa.

Ingin mencoba makanan superfood untuk tenaga ekstra selama bulan Ramadan? Klik di sini untuk melihat lebih lanjut..

Sources: 

1. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html
2. https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12937-018-0386-2
3. https://www.health24.com/Diet-and-nutrition/Healthy-diets/what-to-eat-during-ramadan-heres-a-complete-meal-plan-20170526
4. https://evolve-mma.com/blog/5-tips-for-exercising-during-ramadan/
5. https://www.khaleejtimes.com/ramadan-2017/ramadan-health//excercise-or-not-during-ramadan
6. https://me.askmen.com/fitness-workouts/1096631/article/training-during-ramadan