Kurma Untuk Si Kecil

Ibu-ibu, jika Anda telah membaca postingan kami sebelumnya tentang manfaat kurma untuk kehamilan dan menyusui, stentunya Anda akan bertanya-tanya apakah buah-buahan ini juga membuat keajaiban bagi bayi Anda. Tentu saja mereka bisa, tapi dengan kehati-hatian.

Sistem pencernaan bayi sangat rapuh dan sensitif selama enam bulan pertama. Umumnya setelah bulan ke 4, dokter anak akan mengizinkan seorang ibu untuk memberi makan bayinya dengan makanan lunak ketika bayi mulai tumbuh dan membutuhkan lebih banyak sumber makanan untuk merasa kenyang. Untuk saat ini, pertahankan sereal bayi dan ASI. Setelah bayi membiasakan dirinya dengan makanan setengah padat, maka Anda bisa melanjutkan dengan jenis makanan lain.

Memasuki 6 bulan, Anda bisa secara perlahan memperkenalkan kurma dan buah-buahan lainnya kepada bayi. Karena kurma memiliki tekstur yang lembut namun kenyal, yang terbaik adalah mengukus kurma terlebih dahulu sebelum menumbuk atau mencampurkannya ke dalam pure dengan tambahan ASI untuk melarutkan pasta. Atau, Anda juga bisa merendamnya semalaman dan mengubahnya menjadi pure. Saat ini, kami tidak menganjurkan memberi sirup atau jus kurma pada bayi Anda karena dapat mengejutkan sistem pencernaannya.

 

(Photo Credit: Parenting FIrst Cry.com)

Ada banyak manfaat kurma untuk bayi yang sedang tumbuh yang orang tua senang untuk tahu.

Sistem kekebalan tubuh meningkat
Kurma dikenal untuk antioksidan dan radikal bebas yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang untuk membantu melawan infeksi

Memberikan energi dan nutrisi selama demam dan cacar
Jika bayi Anda terserang demam atau cacar, tumbuk kurma dalam ASI untuk pemulihan yang cepat

Proses pencernaan ujung ke ujung yang lebih baik
Kurma mengandung serat yang dapat membantu meringankan sembelit. Pada saat yang sama, magnesium yang berasal dari kurma juga dapat mengurangi keasaman di perut untuk menghindari tukak lambung. Kurma juga dapat mencegah gangguan usus dan membangun koloni bakteri yang ramah.

Strong teeth and bone development

Seorang bayi dilahirkan dengan sekitar 300 tulang dengan beberapa saling terkait saat ia tumbuh dewasa. Sedangkan untuk gigi, Anda akan senang melihat gigi pertama setelah 6 bulan. Dengan berlalunya hari dan minggu, bayi akan membutuhkan lebih banyak zat besi dan kalsium untuk terus tumbuh sehat.

Berat badan meningkat

Jangan lupa membawa bayi Anda untuk pemeriksaan rutin di klinik anak. Selama kunjungan ini, seorang ibu akan lebih memahami tentang perkembangan bayi. Itu termasuk berat bayi. Bayi dengan berat badan kurang mungkin merupakan tanda bahwa ia tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan. Karena itu, memasukkan kurma ke dalam ASI dan makanan lunak dapat membantu meningkatkan berat badan.

Meningkatkan visi
Sama seperti wortel, kurma juga bagus dalam meningkatkan penglihatan dengan kandungan Vitamin A. yang tinggi.

(Photo Credit: Mummy Time)

 

Ambil Tindakan Pengamanan Ekstra untuk Si Kecil Anda

 

  • Gunakan kurma matang hanya saat memberi makan bayi Anda karena kurma muda dan mentah mengandung tanin yang dapat berbahaya bagi anak Anda.
  • Jika Anda memutuskan untuk mencampurkan kurma dengan buah-buahan lain, cobalah memperkenalkan dari satu buah ke buah lain pada bayi Anda dengan jarak tiga sampai lima hari. Ini sangat penting dalam mendeteksi alergi makanan sejak awal.
  • Jika bayi Anda menikmati 'Bermain dengan Kurma'nya, biarkan 6 bulan lagi sebelum memberi makan si bayi makanan cincang dan potongan kurma karena lidah memiliki kontrol otot yang lebih baik untuk memungkinkan makanan bergulir di mulut. Saat makan makanan padat seperti ini, sebaiknya bayi duduk dengan benar untuk menghindari tersedak.

Semoga bermanfaat untuk kita ya, dan pastikan hidup sehat dengan All Kurma. Eat Fresh and Stay Well, only from All Kurma.

Reference:
https://parenting.firstcry.com/articles/dates-for-babies/
https://www.momjunction.com/articles/amazing-benefits-of-dates-for-babies_0092323/#gref
https://parentinghealthybabies.com/health-benefits-of-dates-for-babies/
https://www.parents.com/advice/babies/feeding/when-can-my-baby-eat-dried-fruit/
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/healthy-baby/art-20046200
https://www.quora.com/How-many-bones-are-in-a-newborn-baby