Kebaikan Kurma untuk Pendonor Darah

Hari Donor Darah Sedunia jatuh pada tanggal 14 Juni setiap tahunnya, dan All Kurma sepenuhnya mendukung inisiatif mulia ini dan mendukung semua orang yang mampu untuk mendonorkan darah kepada mereka yang membutuhkan.

Jadi, ini lah saat Anda mengetahui lebih banyak bagaimana untuk dapat menambah energi tubuh untuk menyelamatkan nyawa.

Sebelumnya kami telah berbagi beberapa pedoman dasar untuk pendonor pemula.

Transfusi darah merupakan bagian penting dari banyak perawatan medis dan bedah. Dari operasi jantung dan transplantasi organ, dan perawatan thalassemia, hingga prosedur yang lebih kecil dan bahkan anemia perseorangan sebagai sebagian contohnya, yang semuanya tergantung pada transfusi darah.

Dengan hanya mendonor sekali, anda dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa, menjadikannya salah satu amalan paling sederhana namun paling tanpa pamrih yang bisa dilakukan seseorang untuk membantu sesamanya.

Jika Anda pernah ingin mendonorkan darah tetapi tidak yakin dampaknya terhadap tubuh, izinkan kami menenangkan pikiran Anda, sambil menunjukkan bagaimana kurma dapat membantu Anda menjalani proses ini.

Bagaimana Donor Darah Juga Bermanfaat bagi Pendonor

Selain membantu menyelamatkan nyawa, mendonorkan darah juga bermanfaat bagi pendonor. Jumlah sel tubuh Anda berkurang ketika darah diambil, dan ini memungkinkan sel-sel baru yang segar untuk beregenerasi.

Seluruh tubuh Anda pada dasarnya akan 'menyegarkan diri' dan dalam kondisi jauh lebih sehat setelah mendonor.

Selain itu, banyak pusat donor darah biasanya akan melakukan pemeriksaan kesehatan singkat pada pendonor sebelum mengambil darah mereka. Ini termasuk mendiagnosis tekanan darah, berat badan, kadar kolesterol, jumlah hemoglobin, dan kandungan zat besi.

Ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang kondisi kesehatan terkini Anda, dan bahkan dapat mengingatkan Anda tentang faktor risiko atau masalah yang mungkin mengindikasikan kondisi medis yang mendasarinya.

 

Kebaikan Kurma Bagian dari Donor Darah

Kurma mengandung banyak fitonutrien, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mendonorkan darah.

Kurma mengandung sekitar 0,9 mg zat besi per 100 gram, yaitu sekitar 11% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI). Zat besi adalah komponen hemoglobin di dalam sel darah merah, dan membantu meningkatkan kapasitas oksigen dalam darah.

Kurma juga kaya akan kalsium dan tembaga. Sementara kebanyakan orang tahu kalsium menguatkan tulang dan gigi, tidak banyak yang menyadari bahwa kalsium juga meningkatkan pembekuan darah. Tembaga juga membantu dalam produksi sel darah merah, yang memastikan tubuh Anda memperbaiki diri lebih cepat.

Kurma juga mengandung antioksidan flavonoid polifenolik yang dikenal sebagai tanin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antihemoragik untuk membantu Anda selama pemulihan.

Beberapa butir kurma sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda bertenaga penuh baik sebelum dan sesudah mendonorkan darah, dan akan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan jika menjadikannya bagian dari diet rutin Anda.

Menambah Energi Tubuh Sebelum Donor Darah

Sebelum mendonorkan darah, pastikan Anda sudah cukup tidur yang nyenyak sehingga tubuh dalam kondisi optimal, dan pastikan untuk sarapan atau makan siang yang baik. Atau dengan kurma sebagai camilan setelah sarapan, atau ditambahkan pada yogurt atau sereal.

Selain itu, jangan lupa untuk minum banyak air untuk mengganti jumlah cairan yang akan hilang. Namun, hindari minum alkohol, minuman berkafein seperti kopi dan teh, atau minuman manis berkarbonasi.

Pastikan untuk menghindari makanan berlemak dan digoreng selama sekitar 24 jam sebelum mendonorkan darah, karena kadar lemak yang tinggi dapat mempengaruhi hasil tes untuk infeksi yang dilakukan pada darah yang Anda donorkan.

Menambah Energi Tubuh Setelah Donor Darah

Bergantung pada berat dan usia seseorang, hingga setengah liter darah dapat dalam sekali donor darah. Anda biasanya akan diberikan beberapa minuman ringan, bahkan beberapa tempat mengizinkan Anda membawa makanan sendiri.

Jika demikian, bawa beberapa kurma sebagai camilan sesudah donor. Rasa manis alami kurma juga akan membantu memberi energi yang sangat dibutuhkan dan membuat Anda bergerak lebih cepat.

Mengalami agak pusing atau mual setelah mendonorkan darah itu hal biasa, tetapi ini akan berlalu ketika tubuh Anda mulai pulih, dan biasanya setelah Anda makan.

Ingatlah untuk minum banyak cairan setelahnya di hari itu, dan hindari berolahraga berat atau berolahraga selama setidaknya 24 jam.

Pastikan untuk memberi tahu perawat atau dokter jika Anda merasakan sakit atau sakit kepala ringan bahkan setelah makan, dan tunggu setidaknya 60 hari sebelum menyumbangkan darah lagi.

Sekarang, apakah Anda siap untuk membuat perbedaan? All Kurma percaya, bahwa sesedikit apa pun donor tetap berarti!
Untuk informasi lebih lanjut tentang di mana Anda dapat mendapatkan Kurma yang berkualitas dan lezat, Tersedia di Tempat Kami. KLIK DI SINI

Sources:
http://importanceofstuff.com/blood-donation
https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-to-expect-when-you-give-blood#1
https://www.healthline.com/health/benefits-of-donating-blood#side-effects
https://www.medguidance.com/thread/What-to-Do-After-Donating-Blood.html
https://www.nutrition-and-you.com/dates.html