Kurma VS Buah-Buahan Lainnya

Kita telah mengetahui kebaikan dan khasiat sari buah kurma. Namun bagi orang-orang Asia, kurma masih belum begitu kerap dikonsumsi dibandingkan dengan buah-buahan komersial lainnya yang di pasaran.

Sebagian orang bahkan kuatir akan kandungan kadar gula yang tinggi pada kurma, dan hal ini pula yang membuat mereka ragu-ragu untuk memasukkan buah ini dalam asupan makanan sehari-hari mereka.

Nah, di sini lah All Kurma, ingin berbagi informasi lebih lanjut tentang mengapa si kecil manis ini sama baiknya dibandingkan dengan buah-buahan lain yang biasa kalian beli di supermarket.

Sebagai permulaan, kalian harus tau dulu nih bahwa ada ratusan varian kurma untuk dipilih lho, dan dapat dikatakan bahwa setiap varian kurma, memiliki rasa yang berbeda.

Dan biar terdengar adil, kami juga akan membahas informasi tentang buah-buahan lain, jadi kalian bisa mix and match konsumsi harian kalian dan tidak hanya sekitar buah kurma aja. Yuk kita kulik bersama bagaimana sih sari buah kurma di bandingkan dengan buah-buahan favorit kalian dari segi khasiat dan praktisnya.

Photo Credit: Get Skinny Go Vegan

Apel

Benar sih, apel memiliki manfaat kesehatannya sendiri, tetapi perbandingan yang dilakukan antara penyajian 100g apel dan 100g Kurma Medjool menunjukkan bahwa kurma menghasilkan lebih banyak nilai nutrisi dibandingkan dengan apel, termasuk kandungan beberapa vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B6, B12, K, Niasin, Folat, Kalsium, Magnesium. Selain itu, makan apel segar bisa dibilang ribet ketika bepergian di bandingkan buah kurma yang praktis di bawa kemana saja dan kapan saja.

Pisang

Buah favorit kita yang satu ini banyak di dapati dimana saja. Umumnya, satu porsi pisang dan kurma mengandung nilai gizi yang hampir serupa.

Namun, dalam iklim kita, pisang matang dan akan mulai memar dan membusuk hanya dalam beberapa hari. Sementara kurma, terutama varian kurma kering, memiliki ketahanan yang lebih lama, bahkan hingga satu tahun kalau di simpan secara benar.

Jika kalian mencari cara yang lebih kreatif untuk menikmati buah-buahan ini, pisang bagus untuk membuat kue dan makanan penutup karena rasanya. Atau bisa juga kita campur kurma dan potongan pisang di dalam makanan cereal pagi.

Pepaya

Buah yang satu ini kaya akan nutrisi dan mineral. Namun, kurma memiliki lebih banyak mineral yang penting untuk kesehatan dan perkembangan kita, termasuk kalsium, magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan beberapa mineral lainnya.

Kurma juga mengandung berbagai jenis asam amino bermanfaat. Selain manfaat nutrisi, kurma jauh lebih praktis untuk di konsumsi dan di bawa kemana mana. Sebungkus kurma lebih mudah dijadikan camilan cepat dibandingkan dengan seporsi potongan pepaya yang bisa menjadi lembek jika kalian masukkan di tas. Jadi, kami memilih nutrisi dan yang praktis!

Anggur/Kismis

Anggur dan kurma merupakan salah satu jenis buah terbaik yang disajikan segar dan kering! Kurma dikenal sebagai simbol kesuburan sementara anggur dikenal sebagai simbol kemewahan. Tahukah kalian bahwa kismis adalah buah-buahan kering paling laris di dunia diikuti oleh kurma?

Buah-buahan ini memiliki nutrisi yang dapat mengalahkan buah-buahan lainnya, jadi daripada harus memilih satu, mengapa tidak menggabungkan keduanya dan menikmatinya? kalian dapat menikmati keduanya sebagai camilan tengah hari, kemasannya juga praktis dan nyaman untuk dimakan kapan saja dan di mana saja.

Atau kalian dapat memasukkan kurma dan kismis ke dalam resep favorit kalian. Coba bayangin gimana nikmatnya nasi briyani atau nasi minyak? Dan bisa juga ditambahkan dalam berbagai resep kuah dan sup yang gurih. Dan masih banyak lagi resep yang bisa kita garap menggunakan kombinasi satu atau kedua buah ini.

Nah, pecinta rasa sekalian tau dong sekarang, pada kesempatan berikutnya anda berbelanja. Jangan lupa deh, menjadikan buah kurma sebagai bagian dari asupan buah penting sehari-hari kalian.

dates

Sampai bertemu di artikel berikutnya ya, Eat Fresh and Stay Well, only from All Kurma.

References:
https://www.onegreenplanet.org/natural-health/dares-and-your-health-the-ideal-food/
https://universityhealthnews.com/daily/nutrition/high-sugar-content-fruit-damaging-health-waistline/
https://skipthepie.org/fruits-and-fruit-juices/apples-raw-with-skin/compared-to/dates-medjool/
https://www.healthline.com/nutrition/plantain-vs-banana#similarities-and-nutrition