Manfaat Dari Sirup Kurma

Apakah makanan manis dan bergula merupakan salah satu kelemahan anda? Banyak diantaranya yang suka menikmati makanan manis bergula. Walaupun kita bukan tipe yang suka makanan yang manis, sulit sekali untuk menghindari gula dalam makanan atau minuman sehari-hari secara menyeluruh.

Diantara dua jenis gula yang harus Anda perhatikan - glukosa dan fruktosa.

Glukosa adalah tipe gula yang sering menjadi tambahan bahan makanan olahan dalam bentuk dekstrosa yang diekstrak dari tepung maizena.

Fruktosa, atau kerap di sebut "gula buah", berasal dari buah, madu, dan sebagian besar sayuran akar. Biasanya tipe gula ini ditambahkan ke makanan olahan dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi.

Sebagian menganggap fruktosa lebih sehat dibandingkan glukosa, karena berasal dari buah-buahan, namun terlalu banyak fruktosa dapat juga berdampak negatif pada kesehatan kita.

Untungnya, berbagai bahan makanan pengganti gula dan pemanis dapat kita gunakan untuk membantu mengurangi konsumsi gula yang berlebihan.

Nah, yuk kita simak, bagaimana sirup Buah Kurma dapan menjadi salah satu makanan yang baik untuk di konsumsi sebagai pengganti gula.

 

Kebaikan Sirup Buah Kurma

Sirup sari kurma yang di olah dengan cara mengekstrak jus buah kurma, merupakan salah satu alternatif terbaik untuk gula. Sirup kental berwarna coklat tua ini sangat manis dan banyak digunakan untuk memasak Timur Tengah untuk berbagai hidangan kuliner mulai dari hidangan ayam hingga makanan penutup.

Kaya dengan nutrisi seperti magnesium, fosfor dan zat besi. Ia juga mengandung antioksidan yang setara dengan kismis dan buah raspberry, menjadikannya pemanis yang padat nutrisi. Kalium dalam sirup kurma juga membantu tubuh Anda menyerap dan mengatur gula darah secara perlahan.

Karena sirup sari kurma adalah tergolong pemanis alami, ia juga cocok untuk Anda yang mengikuti pola makan khusus seperti yang tengah berdiet Paleo, vegan atau mereka yang mengikuti pola diet rendah gula. Kadar indeks glycemic yang rendah pada Kurma juga menjadikannya lebih bersahabat untuk mereka yang diabetes.

Selain daripada itu, sirup kurma juga mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu mencegah sejumlah infeksi bakteri. Senyawa antibakterinya terbukti lebih efektif daripada yang terkandung dalam madu Manuka yang terkenal ampuh mencegah infeksi dan menyembuhkan luka kecil.

Lebih hebatnya lagi, madu tidak disarankan untuk diberikan pada bayi di bawah 12 bulan, sirup sari kurma sebaliknya dapat digunakan sebagai pemanis alami makanan bayi.

Nah, menarik kan! Mari kita jelajahi beberapa kegunaan kuliner lain untuk sirup kurma.

Sirup Kurma untuk Makanan dan Minuman

Keserbagunaan sirup kurma membuatnya cocok sebagai pengganti gula olahan dan pemanis buatan di sebagian besar resep. Berikut beberapa favorit kami:

  1. Sebagai pemanis kopi, latte atau minuman susu panas. Cukup campurkan satu sendok teh sirup kurma untuk mendapatkan rasa yang lebih legit dan berkaramel.
  2. Untuk Oats Overnight. Nah menu oats overnight kini semakin trendy. Untuk menu oat overnight yang sehat dan bergizi, nga hanya madu tapi coba lah dengan menambahkan sirup kurma ke yogurt Anda sebelum menambahkan buah dan kacang pilihan Anda. Menu Oats pun akan lebih luarbiasa serunya!
  3. Sebagai Menu Sarapan. Gantikan madu atau sirup maple Anda dengan sirup kurma untuk memulai hari Anda yang lebih kaya dan manis. Tambahkan di atas pancake, atau bersama dengan roti panggang.
  4. Makanan Timur Tengah, campurkan sedikit sirup kurma dan Tahini dan hasilnya, saus Dibis W'rashi yang luar biasa lezat nya.
  5. Hidangan Es Krim Favorite mu. Waktu nya menambahkan sedikit WAH! Untuk es krim vanilla favorit Anda. Tambahkan potongan Kurma atau sedikit saus Sirup Kurma dan es krim vanilla biasa, jadi lebih luar biasa.

Kesimpulan

Sirup kurma tidak hanya merupakan pemanis alami yang sehat, tetapi dapat juga ditambahkan ke berbagai makanan. Jadi, jika Anda ingin menikmati makanan yang manis tanpa harus merasa kuatir, cukup beralih ke sirup kurma untuk makanan yang lebih lezat dan lebih berkhasiat.
Mau cari stock Sirup Kurma Premium yang alamiah? KLIK DISINI ada!

Sources:
https://www.earthseats.com/blogs/blogs/date-syrup-nutrition-facts
https://ilovedatelady.com/blogs/blog/everything-about-date-syrup
https://www.healthline.com/nutrition/sucrose-glucose-fructose
https://www.sciencealert.com/date-syrup-could-fend-off-bacterial-infections
https://parenting.firstcry.com/articles/dates-syrup-for-babies-natural-sweetener-for-infant-food/
https://blog.joolies.com/10-ways-to-use-joolies-date-syrup